Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengaktifkan Teks Otomatis untuk video atau audio di Chrome

Cara mengaktifkan Teks Otomatis di Browser Chrome

Teks telah menjadi fitur yang cukup penting untuk platform dengan konten media karena banyak pengguna membalas dengan teks.  Namun, tidak semua platform mendukung teks untuk semua konten yang tersedia.

Dalam upaya untuk mengatasi masalah hal tersebut, Google mulai menawarkan fitur Teks Otomatis untuk pengguna Chrome dan fitur tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga berfungsi di setiap platform.

Google Chrome sendiri membuat teks untuk setiap konten video dan audio yang diputar di browser.  Saat ini, hanya tersedia dalam satu bahasa saja yaitu bahasa Inggris.  Dalam panduan langkah ini, Inilah Tips cara bagaimana Anda dapat mengaktifkan fitur ini.


Cara mengaktifkan Teks Otomatis di Chrome

  • Buka browser Google Chrome di komputer Anda, baik itu Windows, Mac, atau Linux.
  • Sekarang, klik ikon menu titik tiga di kanan atas jendela.
  • Dari opsi yang tersedia, pilih Setelan.
  • Di sidebar kiri, klik Advanced, lalu pilih Accessibility.
  • Sekarang, untuk opsi Teks Otomatis, alihkan tombol ke ON.


Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, beberapa file pengenalan ucapan akan diunduh ke komputer Anda.  Jika Anda tidak melihat opsi untuk Teks Otomatis, maka Anda perlu memperbarui browser Anda ke versi baru, karena fitur barunya tidak tersedia di browser versi yang lama.


Setelah file diunduh, fitur Teks Otomatis siap digunakan. Anda dapat pergi ke situs web mana pun dan memutar video dan teksnya akan muncul di kotak hitam tembus pandang di bagian bawah layar.