Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Upload Foto ke Google Drive lewat Android

Upload Foto ke Cloud Google Drive

Google Drive merupakan layanan penyimpanan awan dari Google secara online. Anda dapat menyimpan foto, video atau jenis file lainnya yang dapat di akses melalui perangkat ponsel.  Menyimpan foto ke Google Drive bisa tanpa menggunakan PC.  Tapi bagaimana cara menyimpan foto ke Google Drive lewat ponsel Android?  Untuk Anda yang belum tahu caranya, di sini kami akan memberi tahu Anda cara mengunggah foto ke Google Drive dari ponsel Android.

Anda dapat mengunggah foto atau jenis file lainnya melalui ponsel dan tablet berbasis Android ke Google Drive dengan tiga cara berbeda.  Dari ketiganya, Anda menambahkan foto ke Google Drive secara manual dengan dua cara pertama.  Sedangkan metode ketiga membantu dalam menyelaraskan foto secara otomatis ke Drive.

CATATAN: Foto yang ditambahkan ke Google Drive akan dihitung dalam keseluruhan kuota penyimpanan akun Google Drive Anda.

Berikut langkah metodenya.

METODE 1: Upload Menggunakan Aplikasi Google Drive

Salah satu cara termudah untuk mengunggah sebuah atau beberapa foto, video atau file lainnya Ke Google Drive adalah menggunakan fungsi unggah yang ada di dalam aplikasi Google Drive.

Inilah yang perlu Anda lakukan.

Langkah 1: Install aplikasi Google Drive Android di ponsel Anda jika belum terpasang.

Langkah 2: Buka aplikasi Google Drive di ponsel Anda.  Sekarang Anda dapat mengunggah foto langsung di direktori root atau di folder tertentu.  Untuk yang terakhir, ketuk folder untuk membukanya lalu ikuti langkah berikutnya.

Langkah 3: Ketuk ikon Tambah yang mengambang dibawah dari layar pop-up.

Upload file di Google Drive


Langkah 4: Aplikasi File Explorer akan terbuka.  Ketuk foto yang ingin Anda unggah ke Google Drive.  Foto akan ditambahkan ke Google Drive, dan Anda akan melihat status fotonya.


Tip 1: Upload Foto Sekali Banyak

Untuk mengupload beberapa foto sekaligus, sentuh dan tahan salah satu foto untuk memilihnya.  Kemudian ketuk foto lain untuk memilihnya.  Terakhir, ketuk opsi Pilih di bagian atas untuk mengunggahnya ke Drive.  Aplikasi ini akan membawa Anda ke layar Google Drive dimana tempat unggahan file sedang berlangsung.

Unggah Foto sekaligus banyak di Cloud Google Drive


Tip 2: Lihat File Lebih Banyak

Saat File Explorer terbuka, Anda hanya akan melihat file terbaru.  Ketuk ikon tiga garis di bagian atas untuk menelusuri foto di folder lain.  Atau, lihat dan buka aplikasi galeri lainnya untuk mengunggah foto langsung dari File Explorer.


METODE 2: Upload Langsung Dari Aplikasi Lain

Dengan metode ini, Anda tidak perlu membuka aplikasi Google Drive setiap kali ingin menambahkan foto.  Anda dapat menggunakan menu Bagikan dari aplikasi seperti File Manajer, Galeri, atau aplikasi Chat seperti WhatsApp, untuk mengunggah foto di folder Google Drive.

Berikut langkah-langkahnya:

CATATAN: Langkah-langkah berikut dilakukan pada aplikasi Galeri tetapi Anda dapat digunakan untuk aplikasi lain.  Selain itu, aplikasi Google Drive wajib diinstal di ponsel Anda agar metode ini berfungsi.


Langkah 1: Buka aplikasi tempat Anda ingin menambahkan foto ke Google Drive.  Buka foto yang diperlukan atau pilih beberapa foto.

Langkah 2: Ketuk ikon Kirim atau Bagikan. Cari ikon Drive (Simpan ke Drive) di menu.  lalu Ketuk.

Kirim Foto Lewat Galleri di Google Drive


Langkah 3: Layar Simpan ke Drive akan terbuka.  Ketik nama foto atau gunakan nama yang disarankan.  Pilih akun yang diperlukan jika akun google Anda lebih dari satu.  Juga, pilih folder Google Drive tempat Anda ingin menyimpan foto.  Ketuk opsi untuk memilih akun atau folder lain.

Dalam kasus folder, Anda akan dialihkan ke aplikasi Google Drive.  Gunakan tombol kembali di bagian atas untuk menavigasi dan memilih folder yang diperlukan.  Setelah Anda berada di folder yang diinginkan, ketuk Pilih di bagian bawah.

TIPS: Buat folder Google Drive baru menggunakan ikon folder di bagian atas.

Langkah 4: Anda akan berada di layar Simpan ke Drive lagi.  Ketuk Simpan.


Bisakah Menghapus Foto Dari Galeri Setelah Menambahkannya ke Google Drive

Banyak pengguna bertanya-tanya apakah mereka dapat menghapus gambar dari aplikasi Galeri ponsel mereka setelah merekw mengunggahnya ke Google Drive. 

Jawabannya adalah tentu saja bisa, asalkan Anda menggunakan dua metode di atas.  Setelah Anda mengunggah foto ke Drive, Anda dapat menghapusnya dari aplikasi Galeri dengan aman.  Keduanya tidak ditautkan seperti yang terjadi di Google Foto.  Anda masih dapat melihatnya di Google Drive.  Namun, jangan hapus dari aplikasi Google Drive.

TIPS: Cari tahu di mana Anda harus menyimpan foto - Google Foto atau Drive?


METODE 3: Sinkronisasi Foto Otomatis dan Menambahkan Ke Folder

Kedua metode di atas memiliki fungsi yang terbatas.  Pertama, Google Drive tidak menawarkan fitur sinkronisasi foto otomatis.  Kedua, Anda tidak dapat mengunggah sekalian foldernya ke Drive menggunakan aplikasi seluler.  Anda harus menggunakan Drive lewat komputer untuk menggunakan caranya.


Metode di atas membantu Anda menyimpan foto ke Google Drive.  Jika Anda mengupload foto dalam jumlah banyak, jangan mengupload semuanya sekaligus.  Karena bisa jadi nanti jaringan internet Anda bermasalah. 

close