Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghapus Bloatware di Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy A52


Jika ponsel Samsung Galaxy A52 Anda menjadi lambat atau delay, ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Anda dapat mengatur ulang telepon ke setelan pabrik dan mengembalikannya ke keadaan semula, atau Anda dapat melakukan sesuatu yang disebut "debloating" yang menghapus sejumlah aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya.


Waktu pertama kali Anda membeli Galaxy A52, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ada banyak aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya di telepon. Meskipun ponsel itu baru dan baru pertama kali dihidupkan, Anda akan menemukan banyak aplikasi yang sudah ada di ponsel. Samsung suka memasukkan sejumlah aplikasinya sendiri yang mungkin tidak diperlukan oleh pengguna. Selain itu, Samsung bermitra dengan perusahaan lain dan menginstal aplikasi mereka sebelumnya, misalnya, aplikasi Office dari Microsoft.


Tidak ada yang buruk tentang memiliki aplikasi ini. Sebagian besar berguna dan banyak pengguna sering kali menganggapnya aplikasi tersebut berguna. Namun, ada beberapa kekurangannya. Memiliki banyak aplikasi menggunakan banyak kapasitas penyimpanan internal. Awalnya mungkin tidak terlihat banyak, tetapi begitu Anda menggunakan ponsel dan mengisi penyimpanan internal dengan foto dan data file lainnya, ruang yang diambil oleh aplikasi tersebut akan menjadi penting. Selain itu, Android diketahui melambat setelah beberapa saat, dan salah satu alasannya adalah banyaknya aplikasi.



Cara Debloat Samsung Galaxy A52 dan Meningkatkan Kinerjanya


Ada dua hal yang dapat Anda lakukan dengan Galaxy A52 Anda. Yang pertama adalah menggunakannya sebagaimana adanya dan menangani bloatware nanti. Opsi kedua adalah mendongkrak ponsel dan menghapus semua aplikasi yang tidak Anda inginkan segera, jadi Anda tidak perlu menanganinya nanti.


Jika Anda ingin menghapus bloatware di Galaxy A52 Anda, ikuti panduan di bawah ini. Keuntungan dari tutorial ini adalah Anda tidak perlu memiliki perangkat yang di-rooting. Yang Anda butuhkan hanyalah mengaktifkan opsi pengembang, debugging USB, dan menjalankan perintah yang tepat.


Persiapan

Aktifkan Opsi Pengembang. Untuk melakukannya, buka Pengaturan -> Tentang Telepon -> Informasi Perangkat Lunak dan dengan cepat ketuk 7 kali pada Nomor Kompilasi.

Aktifkan USB Debugging. Untuk melakukannya, buka Opsi Pengembang, gulir ke bawah dan ketuk USB debugging untuk mengaktifkannya.

Instal SDK Android di komputer Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah di ponsel Anda langsung dari komputer Anda. Download Tool Platform SDK Android terbaru untuk OS Anda (Windows, Mac, Linux).


Panduan untuk menghapus bloatware dari Galaxy A52

  1. Unduh Alat SDK Android dari tautan unduhan di atas dan ekstrak file yang diunduh. Masuk ke folder dan buka baris perintah dari dalam folder.
  2. Hubungkan Galaxy A52 Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan untuk memberi PC Anda akses yang tepat ke telepon.
  3. Pada baris perintah, masukkan “perangkat adb”. Jika Anda telah berhasil menghubungkan telepon Anda ke PC Anda, telepon Anda harus ditampilkan pada layar PC.
  4. Sebuah prompt akan muncul di ponsel Anda meminta Anda untuk menerima debugging USB. Ketuk Izinkan.
  5. Sekarang semuanya telah terhubung, Anda harus memasukkan cangkang ponsel Anda. Untuk melakukannya, masukkan perintah berikut: "adb shell".
  6. Sekarang ponsel Anda sudah diatur dan siap menerima perintah untuk menghapus bloatware dari Galaxy A52 Anda. Terima kasih kepada Khlam yang telah merilis daftar detail perintah yang dapat Anda gunakan untuk menghapus aplikasi OneUI, Anda dapat dengan mudah memilih untuk menghapus aplikasi yang tidak Anda inginkan.
  7. Buka Daftar Debloat OneUI yang berisi perintah untuk menghapus sebagian besar aplikasi bloatware. Salin dan tempel perintah, dan jalankan dari shell perintah.


Salin semua perintah jika Anda ingin menghapus semua bloatware yang disertakan dengan ponsel. Jika Anda menggunakan beberapa aplikasi yang termasuk dalam daftar, hapus baris yang menghapus aplikasi tertentu tersebut.


Setelah Anda menjalankan perintah, telepon akan menghapus semua aplikasi yang dipilih. Hanya itu yang harus Anda lakukan untuk menghapus bloatware dari Galaxy A52 Anda. Ini akan membebaskan ruang penyimpanan dan bahkan mungkin meningkatkan kinerja sistem.


Begitulah Cara Menghapus Bloatware di Samsung Galaxy A52 di artikel yang ini, semoga bermanfaat untuk kamu semua.

Jangan lupa pantau selalu di blog ini untuk mendapatkan update terbaru yang akan datang, Ok..